RSS Feed

Dunia Hewan

Posted by Yona-Fitriyani

KEANEKARAGAMAN HEWAN
Organisme yang dikelompokan dalam dunia hewan (Kingdom Animalia) adalah organisme yang memiliki dinding sel dan klorofil, dan hidup heterotrof (memperoleh makanan dari organisme lain).
Ciri utama yang membedakan hewan satu dengan yg lain adalah ada tidaknya tulang belakang. hewan yg bertulang belakang disebut Vertebrata dan hewan bertulang belakang disebut Invertebrata.
Parazoa adalah anggota filum invertebrata yang tubuhnya tidak memiliki jaringan. Contoh : Porifera
Eumatozoa adalah hewan Invertebrata yang sudah membentuk jaringan. Tubuh eumatozoa ada yg simetri radial maupun simetri bilateral. hewan denan tubuh simetri radial memiliki tubuh dorsal (bagian atas) dan ventral (bagian bawah) tetapi tidak memiliki tubuh anterior (bagian depan) dan posterior (bagian belakang).
Hewan simetri bilateral memiliki tubuh bagian dorsal dan ventral juga memiliki anterior dan posterior.
Tubuh eumatozoa memiliki lapisan eumbrional. Lapisan embrional adalah lapisan yang terbentuk saatperkembaangan embrio. Lapisan embrional akan berdiferensi membentuk jaringan atau organ tubuh. Ektoderm adalah lapisan terluar. Endoderm adalah lapisan terdalam. Hewan yang memiliki dua lapisan embrional disebut hewan Diplobastik. Jenis eumatozoa lainya membentuk lapisan ketiga yg disebut mesoderm. Lapisan yg terbentuk diantara lapisan ektoderm dan endoderm. Hewan yang memiliki tiga lapisan embrional dsbt hewan triplobastik.
Hewan triplobastik dibedakan menjadi tiga kelompok pembagian ini dibedakan atas rongga tubuh (selom). Rongga tubuh adalah suatu rongga yg dilapisi oleh lapisan mesoderm. Hewan triplobastik yg tidak memiliki rongga tubuh disebut triplobastik aselomata contoh cacing pipih. Hewan triplobastik yang memiliki rongga tubuh semu karena rongga tubuhnya hanya sebagian dibatasi oleh mesoderm disebut triplobastik pseudoselomata contoh cacing gilig. Sedangkan hewan triploblastik yang memiliki rongga tubuh sejati disebut triploblastik selomata.

0 komentar:

Posting Komentar